Pengertian Topologi Jaringan


Pengertian Topologi Jaringan

PENGERTIAN TOPOLOGI JARINGAN – jika berbicara tentang jaringan pastinya kata topologi jaringan tidak akan terlewatkan bukan???? Ya, topologi jaringan adalah merupakan sebuah rancangan di mana rancangan tersebut yang akan di buat pada sebuah jaringan komputer ataupun suatu cara untuk mengaitkan atau menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain dengan hasil bisa membentuk sebuah jaringan komputer. Jika kita akan membuat sebuah jaringan komputer hal yang paling utama sebelum ada membuat jaringan komputer adalah menentukan topologi jaringan apa yang kita pakai nanti untuk membuat jaringan komputer, karena dengan topologi inilah kita dapat mengetahui model jaringan yang akan kita bangun hingga menjadi sebuah jaringan komputer. Jika di lihat yang paling umum di buat jaringan ada 3 topologi antara lain seperti berikut ini :
1.    Topologi star
Pengertian dari topologi start adalah merupakan sebuah topologi yangpaling sering di gunakan di era saat ini dengan alasan karena selain mudah untuk mengidentifikasi permasalahan pada jaringan topologi ini juga paling efisien, perantara yang di gunakan topologi start ini yang berguna untuk menghubungkan dari komputer server ke komputer client adalah perantara HUB atau bisa juga Switch sehingga jika salah satu komputer mengalami musibah berupa gangguan maka komputer lain tidak akan ikut terkena musibah gangguan.
2.    Topologi bus
Topologi BUS, merupakan sebuah topologi yang menggunakan kabel tunggal yang berguna untuk menghubungkan semua komputer baik server maupun client. Jika di lihat dari bentuk topologi ini, topologi bus sangatlah sederhana akan tetapi topologi ini kurang begitu terkenal karena sering terjadi musibah error jika lalu lintasnya sangat padat
3.    Topologi token ring
Topologi token ring atau terkenal dengan sebutan topologi cincin ini merupakan topologi yang berbentuk lingkaran di manabentuk tersebut untuk menghubungkan antara client dengan server sehingga setiap server atau client akan menerima dan melewarkan informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya.
Itulah tadi sedikit pembahasan tentang topologi jaringan, semoga dapat memberikan kemanfaat bagi kita semua .....Pengertian Topologi Jaringan

0 Response to "Pengertian Topologi Jaringan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef