Pengertian Topologi BUS

Pengertian Topologi BUS

PENGERTIAN TOPOLOGI BUS – Pembahasan kali ini saya akan berbagi tentang pengertian, keuntungan, kerugian menggunakan topologi bus. Sebelum kita menginjak pada bab keuntungan penggunaan topologi bus, alangkah baiknya kita mampir ke pengertian dari topologi bus terlebih dahulu. Pengertian dari topologi bus itu apa sih??? Topologi bus merupakan sebuah topologi dimana topologi tersebut hanya menggunakan kabel tunggal saja sebagai media transmisinya atau kabel pusat tempat di mana seluruh client dan server di hubungkan. Pengertian saja pastinya tidak mungkin lah anda akan membangun topologi bus, pastinya harus di lengkapi dengan pengetahuan tentang keuntungan dan kerugian menggunakan topologi bus. Ada beberapa keuntungan dan kerugian jika kita menggunakan atau membangun topologi bus di antaranya adalah sebagai berikut :
Keuntungan pertama yang bisa kita alami menggunakan topologi bus ini adalah lebih hemat kabel, dengan sebab karena pada toplogi bus ini sendiri hanyalah menggunakan kabel tunggal saja dan terpusat sebagai media transmisinya alhasil kita tidak perlu repot-repot membeli kabel banyak
Keuntungan kedua yang benar-benar kita alami adalah layout kabel sederhana, maksutnya pada pemasangan topologi bus rancangan dan skema kabel yang di gunakan sangatlah sederhana sehingga memudahkan user dalam pemasangannya.
Keuntungan ke tiga adalah penambahan komputer baru baik sebagai server ataupun sebagai client dapat di lakukan dengan sangat mudah tanpa mengganggu komputer lain.
Kerrugian pertama yang kita alami adalah deteksi dan isolasi kesalahan topologi bus sendiri sangatlah kecil sehingga jika jaringan kita mengalami suatu masalah atau musibah maka dampaknya akan lebih sulit untuk mengidentifikasi letak kesalahan yang terjadi.
Kerugian yang ke dua yaitu kepadatan lalu lintas pada jalur utama, di sebabkan oleh penggunaan kabel terpusat sebagai media transmisi maka secara otomatis lalu lintas data akan sangat pada pada kabel utama. Seperti di jalan raya saja.
Kerugian ke tiga yang kita rasakan jika kita menggunakan topologi bus adalah jika kabel utama mengalami gangguan maka secara otomatis seluruh jaringan akan mengalami musibah gangguan.
Kerugian ke empat adalah diperlukannya repeater sebagai penguat sinyal jika akan menambahkan workstation dengan lokasi yang agak jauh.
Itulah tadi sedikit ulasan tentang pengertian, keuntungan, serta kerugian topologi bus. Jika anda sudah tahu tentang kerugian dan keuntungan maka saya berharap anda akan lebih cermat mana topologi yang akan anda gunakan sebagai jaringan komputer..... semoga bermanfaat dan bisa memberi pencerahan ....Pengertian Topologi BUS

0 Response to "Pengertian Topologi BUS"

Posting Komentar

wdcfawqafwef