Pengertian Jaringan Dan Macam-macamnya

Pengertian Jaringan Dan Macam-macamnya
PENGERTIAN DAN MACAM – MACAM JARINGAN – Kata Jaringan, sebuah kata yang sering kita dengar dan sudah tidak asing lagi di dengar telinga kita, ya pengertian dari jaringan sendiri adalah merupakan sebuah hubungan antara 2 komputer ataupun lebih dimana 2 komputer tersebut saling terkait satu dengan yang lain. Tujuan dari jaringan komputer sendiri adalah untuk memudahkan serta mempercepat kinerja manusia, sebab dengan adanya jaringan komputer ini banyak hal yang bisa di kerjakan antaralain seperti sharing data, sharing printer, penggunaan internet secara bersama-sama dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkemangan zaman, jaringan komputer sendiri berbeda-beda macamnya, berdasarkan cakupan wilayah maupun perangkat jaringan yang di gunakan. Di bawah ini adalah jenis - jenis jaringan atau macam – macamjaringan  :
Jaringan Local Area Network (LAN)
Jaringan Local Area Network, merupakan sebuah jaringan dengan ukurannya yang sangat kecil. Maksut dari ukuran kecil adalah jaringan yang jangkauannya hanya meliputi satu lingkup lokasi saja seperti contoh jaringan pada sebuah gedung saja, jaringan hanya pada satu kantor saja. Ataupun yang lain. 

Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)
MAN, adalah merupakan sebuah jaringan komputer yang berukuran lebih besar lagi di bandingkan dengan jaringan sebelumnya yaitu jaringan Local Area Network, karena Jaringan metropolitan Area Network (MAN) sendiri jangkaunnya sudah mencakup beberapa lokasi yang berdekatan. 

Jaringan Wide Area Network  (WAN)
Wide Area network (WAN), sebuah jaringan yang jangkaunnya lebih luas dan lebih besar dari pada jaringan komputer yang telah tertulis di atas, WAN jangkauannya mampu mencakup suatu daerah geografis yang luas seperti Negara, Benua yang membentuk sebuah jaringan.

Jaringan Wireless LAN (W-LAN)
Wireless LAN, merupakan jaringan lokal tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya melainkan jaringan Wireless LAN menggunakan media Signal. Jaringan Wireless LAN sendiri paling banyak di gemari oleh sebagian besar para pengguna komputer di karenakan lebih praktis dan efisien.

Jaringan Internet
Jaringan Internet atau International network ini merupakan sebuah jaringan dimana jaringan yang jaungkauannya sangalah luas, mencakup wilayah di seluruh dunia yang saling berhubungan satu sama lain.
Manfaat dari adanya sebuah jaringan dapat memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi, saling berinteraksi satu samalain, sharing data, serta menjadi lebih cepat .
Demikian ulasan tentang pengertian dan macam-macam jaringan. Semoga bermanfaat dan bisa memberi sedikit pencerahan. PENGERTIAN DAN MACAM – MACAM JARINGAN

2 Responses to "Pengertian Jaringan Dan Macam-macamnya"

  1. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    BalasHapus
  2. sangat baik dan bermanfaat ...

    BalasHapus

wdcfawqafwef