Pengertian Dan Fungsi Harddisk

Pengertian Dan Fungsi Harddisk

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM HARDISK – Hardisk tergolong dalam perangkat keras atau biasa di sebut dengan hardware, hardisk sendiri berfungsi sebagai media penyimpanan sebuah data yang kita simpan pada komputer. Hardisk sendiri mempunyai peranan tersendiri yaitu dimana peranan tersebut peranan yang sangat penting pada sistem komputer karena tanpa hardisk, maka sebuah komputer tidak bisa berjalan. Perkembangan hardisk sendiri sangat pesat seiring dengan perkembangan komputer yang juga sangat lah pesat, hardisk sendiri mengalami perkembangan dalam beberapa hal baik dalam hal segi kualitas, kapasitas, bentuk, model maupun kecepatan akses hardisk itu sendiri. Ukuran satuan hardisk sendiri adalah GB (Giga Byte), misal penggambarannya : 20 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, 160 GB, 256 GB, 320 GB, 500 GB, sampai dengan seterusnya, dengan sebab karena untuk saat ini kapasitas hardisk menjadi sangat besar dan sangat besar karena mengikuti kebutuhan pengguna komputer yang juga semakin banyak serta perkembangan komputer sendiri yang makin canggih sehingga ukuran hardisknya pun juga membutuhkan ruang yang cukup besar pula :
Dilihat dari perkembangan hardisk saat ini, ada 3 jenis hardisk yang sering kita jumpai diantaranya adalah :
Pengertian Dan Fungsi Harddisk
Hardisk ini di gunakan untuk jenis komputer model lama atau komputer jamah dahulu yang menggunakan kabel 40 pin sebagai media penghubung ke motherboard yang bentuknya menyerupai pita. Kecepatan dari hardisk ATA ini sendiri memiliki rotasi kecepatan 3600 rpm atau ATA 66, 5400 rpm atau ATA 100, 7200 rpm atau ATA 133.
Pengertian Dan Fungsi Harddisk
Hardisk yang satu ini hampir menyerupai dengan hardisk ATA, akan tetapi yang membedakan antara keduanya yaitu terletak pada port kabel yang di gunakan sebagai media penghubung hardisk ke mother board. Kabel pada hardisk SATA ini sendiri imemiliki ukuran lebih kecil dari pada hardisk PATA akan tetapi kabel SATA mempunyai kecepatan 7200 rpm, sehingga kecepatan yang di hasilkan kabel SATA lebih cepat di bandingkan hardisk PATA atau hardisk sebelumnya.
Pengertian Dan Fungsi Harddisk
Hardisk ini mempunyai kecepatan akses yang sangat cepat sekali di bandingkan dengan hardisk sebelumnya. Kecepatan hardisk SCSI ini sendiri mampu mencapai kecepatan 10000 rpm. Hardisk ini hanya bisa di gunakan untuk komputer server saja, dan secara otomatis hardisk ini tidak bisa di buat dengan komputer rumahan. Interface hardisk SCSI ini menggunakan I/O card yang fungsinya menghubungkan antara hardisk dengan main board. PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM HARDISK
Semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Harddisk"

Posting Komentar

wdcfawqafwef