Pengeretian Motherboard

PENGERTIAN MOTHERBOARD – Motherboard atau biasa di sebut dengan sebutan Main Board ini adalah sebuah papan sirkuit komputer. Diamana Motherboard ini sendiri adalah berfungsi sebagai wadah atau tempat di mana untuk memasang perangkat keras komputer yang lainnya seperti halnya : Processor, RAM ( Random Acces Memory ), VGA Card, I / ), Sound Card dan juga yang lainnya. posisi motherboard di dalam sebuah komputer sangatlah penting dan paling utama dengan sebab di karenakan sebagai penghubung semua komponen perangkat keras komputer. 
Nah jika anda sudah mengerti tentang pengertian motherboard, sekarang kita melangkah satu langkah ke bab bagian – bagian dan juga fungsi komponen yang ada di motherboard. Untuk  lebih jelasnya simaklah gambar berikut ini :
Slot atau Socket Processor
Slot atau Socket Processor ini adalah merupakan bagian yang mempunyai fungsi sebagai tempat meletakkan dan memasang processor. Slot atau socket processor ini sendiri dilengkapi dengan pengunci yang ada pada motherboard. Penampakan atau bentuk dari slot atau socket processor adalah akan di sesuai kan dengan processor yang ada.
Chipset motherbaord
Chipset motherboard adalah merupakan sebuah komponen dimana chipset motherboard ini berfungsi untuk mengatur dan membagi fungsi – fungsi yang ada dalam motherboard, ada 2 macam chipset motherboard diantaranya adalah chipset North Bridge  yang berfungsi untuk mengatur alur kinerja processor yang berhubungan langsung dengan komponen utama. Seperti contoh slot PCI, selot memori dan juga slot AGP. Sedangkan chipset motherboard yang ke 2 adalah chipset south bridge, chipset ini berfungsi untuk mengatur alur kerja processoryang berhubungan langsung dengankomponen Control IDE hardisk, Drve, DMA dan interrupt.
Slot Memori ( RAM )
Slot memori atau slot RAM adalah merupakan sebuah tempat di mana tempat tersebut berfungsi untuk meletakkan memori RAM, RAM sendiri terdiri atas beberapa jenis diantaranya seperti SD RAM, DDR 2, DDR 3 dan masih banyak lagi. Jadi kesimpulannya jika anda membeli RAM baru pastikan slot RAM sama dengan RAM yang akan anda beli.
Port IDE
Merupakan port dengan ciri khas mempunyai 40 pin. Port IDE berfungsi untuk meletakkan kabel IDE yang menghubungkan ke beberapa komponen seperti Hardisk dan juga CD Room. Port IDE sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu Primari IDE danjuga Secondary IDE. Primari hardisk umumnya di gunakan untuk menghubungkan ke hardisk sedangkan secondary IDE berguna untuk menghubungkan ke komponen CD ROOM.
Chipset BIOS
Chipset ini berisi software bios yang berfungsi untuk membaca sekaligus mendata komponen – komponen komputer. Chipset bios memperoleh tegangan dari baterai bios sehingga bisa menyimpan konfigurasi bios walaupun komputer sedang keadaan shutdown atau mati.
PCI
PCI merupakan saluran 32 bit dan juga 64 bit standar local bus yang mengikat bus ekspansi, PCI berfungsi untuk meletakkan komponen – komponen seperti VGA Card, Sound Card, IAN Card dan juga lain – lain.
SATA
SATA adalah port dengan fungsi untuk meletakkan kabel sata di mana kabel sata ini yang nantinya akan di hubungkan dengan hardisk yang mempunyai port SATA.
AGP
AGP adalah merupakan slot VGA jenis baru yang khusus di gunakan untuk meningkatkan kinerja video Adapter.
Itulah tadi sedikit penjelasan tentang pengertian motherboard, dan juga bagian – bagian motherboard, semoga dengan mengetahuinya tentang motherboard kita semakin tahu tentang komputer.... semoga bermanfaat .. Pengertian Motherboard

0 Response to "Pengeretian Motherboard"

Posting Komentar

wdcfawqafwef