Pengertian Dan Fungsi RAM

PENGERTIAN RAM DAN FUNGSINYA – pastinya tahu tentang apa itu RAM, walaupun sudah tahu tak ada salahnya jika saya menulis untuk pengingat ataupun wawasan baru untuk pengguna komputer yang masih baru. Pengertian dari RAM sendiri adalah merupakan sebuah alat elektronik dimana RAM ini berfungsi untuk menyimpan data komputer akan tetapi data komputer yang mempunyai sifat sementara, maksut dari sementara adalah seperti contoh anda membuat dokumen microsoft itu secara otomatis sudah tersimpan akan tetapi masih tersimpan di RAM belum tersimpan di hardisk, nah di sinilah kalau data kita masih tersimpan di RAM maka jika kita tidak menyimpannya di hardisk secara otomatis jika kita mematikan komputer maka secara otomatis data yang ada di ram akan hilang, itulah data yang disebut dengan data bersifat sementara. Berbicara tentang perkembangan, perkembangan RAM saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan komputer, perkembangan tersebut mulai dari bentuk, model sekaligus kapasitas. 
Pengertian Dan Fungsi RAM
Peranan RAM dalam sebuah komputer adalah sangat penting karena kapasitas dari RAM sangatlah berpengaruh pada kecepatan akses komputer, jadi jika semakin besar RAM yang di gunakan maka semakin cepat pula kecepatan akses komputer tersebut. Di bawah ini adalah perkembangan RAM sampai dengan saat ini :
1.    SDRAM
RAM jenis ini mempunyai jumlah pin yang berjumlah 168 dan terdapat 2 celah di bagian kakinya yang di gunakan untuk komputer pentium 1 sampai dengan pentium 4 model lama.
2.    Ranbus RAM
Ranbus RAM digunakan untuk komputer pentium IV yang sudah memiliki fasilitas 2 chanel
3.    Sybclink DRAM
Sybclink ini mempunyai ciri bandwidth maximum 1600 MB / sec dan mempunyai kecepatan hingga 200 MHz.
4.    DDR 2 RAM
DDR 2 RAM ini mempunyai jumlah pin 183 pin. DDR 2 RAM hanya terdapat satu celah pada bagiankakinya dan mempunyai kecepatan transfer 2 kali lebih cepat di bandingkan denganjenis RAM SDRAM.
5.    DDR 3 RAM
RAM 3 DDR ini adalah merupakan generasi RAM terbaru setelah DDR 2 Ram, jika berbicara tentang kecepatan pastinya DDR 3 RAM lebih cepat di bandingkandengan DDR 2 RAM sebelumnya.
Sekedar tambahan, hahal yang harus anda perhatikan saat ekspedisi melakukan pemasangan RAM adalah :
1.    Pastikan antara Ram dengan slot motherboard sesuai
2.    Berhati – hatilah saat memasang RAM pada Slot Ram, jangan sampai terbalik karena jika terbalik maka RAM bisa patah.
3.    Setelah terpasang jangan lupa untuk menguncinya
Semoga Bermanfaat ... Pengertian RAM dan Fungsinya

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi RAM"

Posting Komentar

wdcfawqafwef