Komponen Pada Router PC

KOMPONEN ROUTER PC – kembali dengan pembahsan router, di sini saya akan berbagi tentang apa saja sih komponen yang di butuhkan router PC itu, sebelumnya, Router merupakan sebuah komponen yang sangatlah penting peranannya di dalam sebuah jaringan, di karenakan router sendiri dapat membagi jaringan pada protokol yang sama. Router sendiri terdiri atas beberapa komponen, di antara komponen router PC antara lain adalah sebagai berikut :
Komponen Pada Router PC
Berikut adalah beberapa komponen Router PC :
CPU ( Central Processing Unit )
Komponen router PC yang pertama ini adalah CPU ( Central Processing Unit ). CPU sendiri ini adalah berfungsi untuk inisilisasi sitem, untuk routing, untuk mengontrol dan juga mengeksekusi instruksi pada sebuah system.
RAM ( Random Access Memori )
Komponen Router PC lanjutan dari CPU ( Central Processing Unit ) adalah RAM ( Random Acces Memory ) RAM sendiri berfungsi untuk informasi tabel routing, running configuration, paket queque dan juga running, akan tetapi pada dasarnya RAM hanya berfungsi menyimpan data sementara sehingga begitu power kita matikan maka secara otomatis data – data yang ada di RAM akan hilang.
NVRAM
NVRAM merupakan bagian yang berfungsi untuk menyimpan startup configuration.
Flash
Komponen yang bernama Flash ini berfungsi sebagai penyimpanan keseluruhan IOS ( Internetworking Operating System ) Software.
ROM ( Read Only Memory )
ROM ( Read Only Memory ) merupakan komponen dari beberapa komponen yang berfungsi untuk menyimpan permanen startup diagnostic code. Tugas utama dari ROM ( Read Only Memory ) ini sendiri adalah mendiagnosa perangkat keras selama router melakukan boot up dan juga memindahkan software IOS dari flash ke RAM
BUS
BUS di gunakan untuk komunikasi antara CPU dengan interface. Sistem bus akan mengirimkan berupa data dari interface dan mengirimkan lgi ke interface.
Interface
Interface sendiri berfungsi untuk koneksi jaringan. Ada 3 interface yang ada pada sebuah router yaitu LAN ( Local Area Network ), WAN ( Wide Area Network ) dan juga management. Interface juga bisa di sebut port yang akan menghubungkan router ke dalam sebuah jaringan.
Power supply
Komponen router PC yang terakhir adalah Power Supply, tugas dari power supply sendiri ini adalah untuk menyediakan power yang di butuhkan untuk mengoperasikan komponen internal.
semoga bermanfaat ..... Komponen Pada Router PC

0 Response to "Komponen Pada Router PC"

Posting Komentar

wdcfawqafwef