Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word

MEMBUAT SURAT MASAL – Sebutan lain dari Membuat Surat masal adalah Membuat Mail Merge, fungsi dari mail merge pada microsoft sendiri sangat membantu pagi pengguna komputer termasuk anda untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang sangat banyak tanpa harus mengetik satu per satu surat, silahkan anda bayangkan?. Akan tetapi dengan menerapkan fungsi ini kita hanya perlu membuat satu lembar saja template untuk semua surat dan membuat data base yang akan di hubungkan dengan template surat yang ada di microsoft word. Baca juga Fungsi mailings pada Microsoft word. 

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SURAT MASAL PADA MICROSOFT WORD :

Langkah 1
Buatlah template surat yang akan dibuat surat masal anda bisa lihat artikel sebelumnya
Langkah 2
Anda masuk menu Mailings yang terletak di menu bar, kemudian anda pilih select recipient pada group start mail merge.
Langkah 3
Pada popup, silahkan pilih Type New List. 
Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
Langkah 4
Setelah itu akan muncul jendela baru yaitu new address list, pada jendela tersebut anda klik customize columns yang mana gunanya untuk menyesuaikan dengan kolom yang kita buat.
Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
Langkah 5
Anda hapus data yang ada pada field name, sisakan data sesuai dengan apa yang anda butuhkan, setelah itu ganti nama field sesuai dengan data pada surat anda, jika anda menghapus filed namenya, usahakan dari bawah ke atas, kenapa ? karena untuk memudahkan menghapus data field
Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
Langkah 6
Setelah itu anda klik OK dan pilih OK. Setelah anda mengeklik OK dan OK maka anda akan secara otomatis terbawa pada jendela baru di mana database anda akan anda simpan, silahkan beri nama sesuai keinginan anda dan simpan. 
Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
Langkah 7
Selanjutnya adalah anda buka folder di mana anda menyimpan databasenya tadi, pada umumnya database yang tersimpan biasanya mempunyai format access. 
Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
Langkah 8
Silahkan isi database anda sesuai dengan keinginan anda dan simpan.
Langkah 9
Selanjutnya buka lembar kerja Microsoft word anda, dan anda masuk pada menu mailings lagi dan anda klik preview result untuk melihat hasilnya. Mudah bukan ??
Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word
Semoga berhasil, dan bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba MEMBUAT SURAT MASAL

0 Response to "Cara Membuat Mail Merge Di Microsoft Word"

Posting Komentar

wdcfawqafwef