Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya

PENGERTIAN PRINTER DAN JENIS – JENISNYA – Siapa sih yang tak kenal dengan Printer, perangkat keras yang bebentok kotak ini. Pengertian dari printer sendiri adalah merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang di hubungkan pada sebuah komputer dimana fungsi dari printer adalah untuk menghasilkan cetakan baik cetakan tersebut dalam bentuk tulisan atau gambar dari komputer dengan menggunakan media kertas atau sejanis lainnya. Jenis dariprinter ini ada 3 yaitu Printer Dot Metrix, Printer Ink Jet, dan Printer lase jet.
Printer Dot matrix 
Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya
Printer Dot Matrix dapat kita ketahui dengan ciri khas cetakkan yang terlihat seperti titik – titik yang saling menghubungkan satu dengan yang lainnya sehingga hasil cetakannya kurang halus dan juga kurang bagus. Jenis printer dot matrix ini menggunakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Jika kita telusuri dari sejarahnya printer dot metrix pada awalnya menggunakan 9 pin yang mempunyai maksut bahwa satu huruf akan di cetak dengan kombinasi dari 9 titik. Setelah seiring perkembangan zaman printer dot metrix menggunakan 24 pin dan tentunya hasilnya pun menjadi lebih bagus dan halus. Produsen dari jenis printer dot metrix yang terkenal adalah epson. 

Printer Ink Jet
Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya
Jenis printer Ink jet adalah merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. Jika di lihat dari segi hasil yang di hasilkan printer ink jet, printer jenis ini lebih baik dan bagus hasilnya jika di bandingkan dengan printer versi sebelumnya yaitu printer dot matrix. Printer jenis ink jet juga bisa mencetak dokumen berupa gambar atau berwarna. Printer ink jet sendiri menggunakan teknologi dor on demand, dengan arti cara menyemprotkan titik titik kecil pada kertas melalui noxxle atau lubang pada pipa yang sangat lah kecil. Produsen dengan printe ink jet yang terkenal adalah produsen canon dan HP dengan menggunakan panas. Panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang di tentukan dan tercetak pada kertas. Dengan sebab menggunakan tinta cairan hasil cetakannyapun di haruskan menunggu beberapa detik agar bisa kering dan betul- betul kering. Jenis printer ink jet ini pengisian tinta ini menggunakan teknik infus ataupun modifikasi.

Printer Laser Jet 
Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya
Printer laser jet merupakan sebuah printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Melihat dari segi hasil yang di hasilkan tentunya printer jenis laset jet lebih bagus di bandingkan dengan printer ink jet dan dot matrix
Itulah tadi sedikit ulasan tentang pengertian danjenis-jenis printer. Semoga bermanfaat ...

0 Response to "Pengertian Printer dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef