Pengertian Kabel UTP dan Pembagiannya

KABEL UTP – Sebuah nama perangkat jaringan yang sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna komputer yang berkecipung di dunia jaringan yaitu kabel UTP. Kabel UTP sendiri adalah merupakan sebuah kabel jaringan yang terdiri dari delapan buah pin kabel yang di pilih menjadi satu dan setiap pin kabel mempunyai warna yang berbeda – beda. Pada kabel UTP biasa di kenal dengan standart pengurutan kabel yang di gunakan untuk men standartkan urutan pemasangan kabel. Kabel UTP sendiri paling sering biasanya di pasang dengan konektor RJ – 45 dimana konektor RJ 45 akan di colokkan pada LAN Card atau perangkat jaringan yang mempunyai port RJ 45. 
Kabel UTP
Berbicara tentang kecepatan, kecepatan yang di tempuh dari kabel UTP ini sendiri 10 % lebih cepat dari pada kabel coaxial. Ada 2 standart yang di gunakan untuk pengurutan warna pada kabel UTP yaitu EIA / TIA 568A/568B dan AT & T 258A. Di bawah ini adalah urutan warna pada masing – masing kabel UTP.
Standart EIA / TIA 568A / 568B
1.    Putih hijau
2.    Hijau
3.    Putih orange
4.    Biru
5.    Putih biru
6.    Orange
7.    Putih coklat
8.    Coklat
Standart AT & T 258 A
1.    Putih orange
2.    Orange
3.    Putih hijau
4.    Biru
5.    Putih biru
6.    Hijau
7.    Putih coklat
8.    Coklat
Pemasangan kabel UTP sendiri tergantung pada perangkat yang di hubungkan, yaitu Crossover ataupun Straight. Crossover di gunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama seperti contoh komputer dengan komputer, sedangkan straight di gunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda seperti contoh swith dengan komputer.... semoga bermanfaat Kabel UTP

0 Response to "Pengertian Kabel UTP dan Pembagiannya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef