Cara Riset BIOS di Komputer

CARA RISET BIOS DI KOMPUTER – hal ini adalah langkah palilng dasar yang harus atau sering di lakukan dalam ekspedisi perbaikan komputer. Jika di lihat dari judulnya mungkin hal ini sangat sepele akan tetapi jika langkah yang di lakukan salah arah maka secara otomatis dapat menyebabkan BIOS atau komponen motherboard lainnya menjadi rusak. Cara meriset BIOS mungkin teman – teman sudah banyak yang tahu akan tetapi tidak salah kan jika saya menulisnya. Berikut adalah langkah – langkah cara meriset BIOS di komputer :
Cara Riset BIOS di Komputer
LANGKAH – LANGKAH CARA RISET BIOS MOTHERBOARD DI KOMPUTER :
Langkah 1
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan komputer sudah tidak tersambung dengan tegangan listrik. Jika masih tersambung dengan tegangan listrik maka anda dapat mencabut colokan yang tersambung ke sumber tegangan listrik dan juga mencabut kabel power supply dari motherboard komputer. Catatan : tunggulah hingga beberapa saat dengan tujuan agar listrik yang ada pada motherboard benar-benar telah hilang.
Langkah 2
Langkah ke dua adalah silahkan cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS, jumper ini terdapat 2 versi yaitu versi 3 pin dan 2 pin. Nah untuk mereset BIOS, cara silahkan tekan tombol reset tersebut. Untuk versi 3 pin, silahkan anda pindahkan posisi jamper ke sisi lainnya, lantas yang versi 2 pin ??? versi 2 kita tinggal menjumper kedua pin tersebut.
Catatan : jika anda merasa kesulitan mencari jumper standart, alternatifnya adalah anda gunakan obeng untuk menjumper pin tersebut. Inti pokoknya adalah agar kedua pin menjadi terhubung ( short ). Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut.
Langkah 3
Setelah itu langkah selanjutnya adalah anda pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula yang tipe 3 pin ataupun cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukkan kabel power supply motherboard, dan pastikan semua sudah terangkai struktur dengan benar baru kemudian menghubungkan komputer ke colokan listrik.
Langkah 4
Silahkan anda nyalakan kembali komputer. Apabila jika reset BIOS sudah berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula. Pada kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, setelah anda melakukan ekspedisi ini maka biasanya komputer akan bisa booting kembali seperti pada umumnya.
Langkah 5
Namun jika reset BIOS gagal maka lakukanlah kembali langkah 1, setelah anda cabut baterai BIOS dan lakukanlah kembali langkah 2 dan 3.
Langkah 5
Jika langkah 5 tidak mendapatkan hasil maka lakukan langkah 1, anda cabut semua kabel power supply pada motherboard, tak lupa anda lepas baterai BIOS dan juga memory komputer (RAM), ulangi langkah 2 dan 3
Langkah 6

Jikalau tidak berhasil juga, terakhir anda kembali lakukan langkah 1, stelah itu anda lepas semua komponen yang tersambung atau terpasang pada motherboard antara lain seperti Processor, RAM dan Card tambahan lainnya di antaranya seperti VGA Card. Anda bersihkan motherboard dari kotoran debu dan ulangi langkah di atas, untuk kali ini anda diamkan selama 30 menit. Setelah itu ulangi langkah 2 dan 3
Itulah tadi sedikit ulasan tentang cara reset BIOS komputer. Semoga bermanfaat dan bisa memberi pencerahan

0 Response to "Cara Riset BIOS di Komputer"

Posting Komentar

wdcfawqafwef