Cara Mencetak Dokumen Mail Merge



CARA MENCETAK DOKUMENT SURAT MASAL – Ya, disini saya akan berbagi tentang cara mencetak dokument surat masal atau bisa di sebut mail merge. Setelah sebelumnya saya memposting tentang cara membuat surat masal di sini saya akan berbagi bagaimana sih mencetaknya dengan jumlah halaman yang sangat banyak tersebut. Untuk mencetak dokument surat masal atau mail merge sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencetak document microsoft pada umumnya, akan tetapi kalau kita melakukan dengan cara yang biasa maka akan tercetak adalah halaman pertama saja, walaupun pada tahap pencetakan kita pilih perintah all di pengaturan printnya. Di saat kita membuat surat masal, maka akan banyak sekali halaman yang akan di cetak. Akan tetapi untuk membuka halaman kita diharuskan untuk membuka satu persatu halaman terlebih dahulu. Sehingga dampaknya untuk mencetak semua halaman yang terdapat surat masal kita diharuskan untuk menggunakan perintah Finish & Merge yang terletak pada group finish. Fasilitas ini kita tidak perlu membuka dan mencetak satu persatu dokument yang ada. Bagaimana sudah mengerti apa yang saya maksut??? Jika anda belum mengerti apa yang saya maksut ikutilah langkah-langkah mencetak dokument mail merge yang akan di bahas di bawah ini.
Langkah 1
Saya sudah yakin bahwa anda sudah mempunyai dokument surat masal (mail merge), ya bukalah dokument surat mail merge yang anda inginkan untuk di cetak.
Langkah 2
Oh iya, jangan lupa untuk me-link-an pada database yang sudah dibuat ya.
Langkah 3
Kemudian langkah selanjutnya anda klik mailings yang terletak di deretan menu bar atas.
Langkah 4
Setelah masuk pada menu mailings anda cari dan klik finish & merge pada group finish, selanjutnya pilih print document pada jendela yang turun ke bawah tersebut.
Cara Mencetak Dokumen Mail Merge
Langkah 5
Setelah itu secara otomatis akan tampil jendela baru tentang merge to  printer. Di tahap ini terdapat beberapa pilihan antara lain :
Cara Mencetak Dokumen Mail Merge
All : perintah ini berfungsi untuk mencetak dokument yang ada
Current record : perintah ini berfungsi untuk mencetak dokument yang sedang di buka
From : .... to .... perintah ini berfungsi untuk mencetak dokument berdasarkan nomor halaman dokument.
Di tahap ini anda bisa memilih all jika anda ingin mencetak semua surat masal akan tetapi anda juka bisa memilih from : ........ to ......... jika mencetak halaman dengan jumlah halaman sesuai dengan printer anda.
Semoga artikel ini yang membahas tentang cara mencetak dokument mail merge bermanfaat. Selamat mencoba ............... CARA MENCETAK DOKUMENT SURAT MASAL

0 Response to "Cara Mencetak Dokumen Mail Merge"

Posting Komentar

wdcfawqafwef